.: arti nama KHANSA :.

sehubungan dengan banyaknya search mengenai nama KHANSA, maka dengan ini kami .. yee ko kaya surat dinas aja ya..dasarr umiiii.. cooling down dulu dong..peace :)

jadi ceritanya gini, sebenarnya nama KHANSA itu idenya umi, kalau abi pengennya namanya MARYAM, tapi brubung udah ada temen kantor umi (pak amir) nama anaknya maryam jadi g jadi deh, anak pertama juga, ntar kembaran, tapi sebenernya gpp jg sih cuma kita aja yang ngerasa g enak :)

who is the guest? -kaya di ceritanya pak SBY:)-

KHANSA 15 tahun lagi :) insyaAllah

akhirnya kita memutuskan untuk memberi nama KHANSA, waktu itu cari2 di buku dan ada nama seorang sahabat rosulullah AL KHANSA binti AMRU, ibu para SYUHADA, seorang penyair handal di zamannya, wanita yang tangguh yang melahirkan para syuhada, KHANSA bisa juga diartikan gadis yang berhidung mancung (padahal KHANSAnya umi pesek lho :), ada juga yang bilang pemimpin wanita, wallahu’alam

kata keduanya adalah KHAIRUNNISA yang artinya sebaik-baik wanita

harapan dan doa kami sebagai orang tuanya, kelak putri kami KHANSA KHAIRUNNISA menjadi seperti shahabiyah, menjadi sebaik2nya wanita yang tangguh, wanita yang kuat memegang prinsip di atas jalan yang lurus, amin.

berikut ini sedikit cerita mengenai AL KHANSA binti AMRU, ibu para SYUHADA, yang juga merupakan sahabat Rosululloh-shahabiyah,  semoga kita bisa mengambil teladan dari beliau.

Al-Khansa terlahir pada zaman jahiliyah dan tumbuh besar di tengah suku bangsa Arab yang mulia, yaitu Bani Mudhar. Sehingga banyak sifat mulia yang terdapat dalam diri Al-Khansa. la adalah seorang yang fasih, mulia, murah hati, tenang, pemberani, tegas, tidak kenal pura-pura, suka terus terang. Dan selain keutamaan itu, ia pun pandai bersyair. la terkenal dengan syair-syairnya yang berisi kenangan kepada orang-orang yang dikasihinya yang telah tiada mendahuluin ke alam baka. Terutama kepada kedua saudara lelakinya, yaitu Mu’awiyah dan Sakhr yang telah meninggal dunia.

Diriwayatkan bahwa ketika Adi bin Hatim dan saudarinya, Safanah binti Hatim datang ke Madinah dan menghadap Rasulullah SAW, maka berkata,

Ya Rasuluilah, dalam golongan kami ada orang yang paling pandai dalam bersyair dan orang yang paling pemurah hati, dan orang yang paling pandai berkuda.

” Rasuluilah SAW bersabda, ‘Siapakah mereka itu. Sebutkaniah namanya.’

Adi menjawab, ‘Adapun yang paling pandai bersyair adalah Umru’ul Qais bin Hujr, dan orang yang paling pemurah hati adalah Hatim Ath-Tha’i, ayahku. Dan yang paling pandai berkuda adalah Amru bin Ma’dikariba.’

Rasuluilah SAW menukas, “Apa yang telah engkau katakan itu salah, wahai Adi. Orang yang paling pandai bersyair adalah Al-Khansa binti Amru, dan orang yang paling murah hati adalah Muhammad Rasulullah, dan orang yang paling pandai berkuda adalah Ali bin Abi Thaiib.’

Jarir ra. pernah ditanya, Siapakah yang paling pandai bersyair? Jarir ra. menjawab, ‘Kalau tidak ada Al-Khansa tentu aku.’ Al-Khansa sangat sering bersyair tentang kedua saudaranya, sehingga hal itu pernah ditegur olah Umar bin Khattab ra.

Umar ra. pernah bertanya kepada Khansa, ‘Mengapa matamu bengkak-bengkak?’

Khansa menjawab, ‘Karena aku terialu banyak menangis atas pejuang-pejuang Mudhar yang terdahulu.”

Umar berkata, ‘Wahai Khansa, Mereka semua ahli neraka.’

Sahut Khansa, ‘Justru itulah yang membuat aku lebih kecewa dan sedih lagi. Dahulu aku menangisi Sakhr atlas kehidupannya, sekarang aku menangisinya karena ia adalah ahli neraka.’

Al-Khansa menikah dengan Rawahah bin Abdul Aziz As Sulami. Dari pernikahan itu ia mendapatkan empat orang anak lelaki. Dan melialui pembinaan dan pendidikan tangan-tangannya, keempat anak lelakinya ini telah menjadi pahlawan-pahlawan Islam yang terkenal. Dan Khansa sendiri terkenal sebagai ibu dari para syuhada. Hal itu dikarenakan dorongannya terhadap keempat anak lelakinya yang telah gugur syahid di medan Qadisiyah. Sebelum peperangan dimulai, terjadilah perdebatan yang sengit di rumah Al-Khansa. Di antara keempat putranya telah terjadi perebutan kesempatan mengenai siapakah yang akan ikut berperang melawan tentara Persia, dan siapakah yang harus tinggal di rumah bersama ibunda mereka. Keempatnya saling tunjuk menunjuk kepada yang lainnya untuk tinggal di rumah. Masing-masing ingin turut berjuang melawan musuh fi sabilillah. Rupanya, pertengkaran mereka itu telah terdengar oleh ibunda mereka, Al-Khansa.

Maka Al-Khansa telah mengumpulkan keempat anaknya, dan berkata, ‘Wahai anak-anakku, sesungguhnya kalian memeluk agama ini tanpa paksaan. Kalian telah berhijrah dengan kehendak sendiri. Demi Allah, yang tiada Tuhan selain Dia. Sesungguhnya kalian ini putra-putra dari seorang lelaki dan dari seorang perempuan yang sama. Tidak pantas bagiku untuk mengkhianati bapakmu, atau membuat malu pamanmu, atau mencoreng arang di kening keluargamu.Jika kalian telah melihat perang, singsingkaniah lengan baju dan berangkatiah, majulah paling depan niscaya kalian akan mendapatkan pahala di akherat. Negeri keabadian. Wahai anakku, sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad itu Rasul Allah. lnilah kebenaran sejati, maka untuk itu berperanglah dan demi itu pula bertempurlah sampai mati. Wahai anakku, carilah maut niscaya dianugrahi hidup.’

Pemuda-pemuda itupun keluar menuju medan perang. Mereka berjuang matl-matian melawan musuh, sehingga banyak musuh yang terbunuh di tangan mereka. Akhirnya nyawa mereka sendirilah yang tercabut dari tubuh-tubuh mereka. Ketika ibunda mereka, Al-Khansa, mendengar kematian anak-anaknya dan kesyahidan semuanya, sedikit pun ia tidak merasa sedih dan kaget.

Bahkan ia telah berkata, ‘Alhamdulillah yang telah memuliakanku dengan syahidnya putra-putraku. Semoga Allah segera memanggiiku dan berkenan mempertemukan aku dengan putra-putraku dalam naungan Rahmat-Nya yang kokoh di surgaNya yang luas.’

Al-Khansa telah meninggal dunia pada masa permulaan kekhalifahan Utsman bin Affan ra., yaitu pada tahun ke-24 Hijriyah. (Wanita-wanita Sahabiyah)

Dari : www.sahabatnabi.0catch.com

ada juga nama KHANSA dalam tulisan kanji-JEPANG, untuk melihatnya klik disini, and then see this site Al-Khansa.



29 Comments»

  Khansa Riris wrote @

SubhanAlloh…sejak pertama diksh th nama dede’nya dee: Khansa Khairunnisa, sdh terbayang bgmn do’a kalian (dee+fajar) yg senantiasa mengiringi langkah hidupnya sedari lahir hingga kelak dia bertumbuh kembang..InsyaAlloh bisa, 15 th lg, Khansa kan jd muslimah sejati ^_^. Amah jg senang, sebab pilihan nama itu menandakan sejauh mana harapan kalian pd si kecil, penuh visi, shg kalian akan mendidiknya dg sungguh2 ..Amah jg dpt sebutan “Khansa Riris”, dr 2005 dl, sebutan khusus dr seorang saudara, kakak, guru-nya amah, “AW” ^_^. Bagi amah, tentu itu sebutan yg berat dan blm membuktikan apa2, tapi amah menerima dg sng hati [mg de' Khansa tdk keberatan, hehe]. Hmm….Amah msh sgt jauh dr sosok shahabiyah Khansa binti Amru. Namun amah yakin, dee bisa mewujudkan itu bg si kecil Khansa, amah pun ikut senang tentunya ketika melihat Khansa, suatu saat nanti mjd teladan bg wanita di jamannya ^_^. amin. luv u umma khansa&de’ khansa…sun syg dr Pdg,,

  azz4hra wrote @

amin, jazakillah amah, doa yang sama untuk amah

  khairunnisa wrote @

Subhaanaallah, nama yang begitu indah…
Jadi ingat nama hijrahku sendiri..”khairunnisa” dan sahabatku hanifah “al-khansa”…

  nina wrote @

umiii salam kenal ^^

semoga khansa khairunnisa bisa seperti al-khansa terdahulu.

kalau kelak saya punya anak, ijinkan saya untuk menggunakan khansa juga ya umiii… hhehhehhe

  dee wrote @

iya, salam kenal juga..amiin, makasih doanya nina..silahkan..biar kelak ada khansa-khansa hebat yang lain

  iEn_dha wrote @

mMMM…

umi, cRitA’a bagUs, mGa kHanSa bSa jDi pA yG uMi mAu yAiTu jadi wanita sHolEh….

  arini arief wrote @

smoga Khanza bisa menjadi wanita sholeha, sprti yg sama2 kita damba2kan…. siapa sih wanita yg g mau sholeha dan bisa menikmati syurga kelak….

  khansa choirunisa wrote @

waw…
bner bgt th
nama saya allhamdullilah jg khansa choirunisa …
bangga bgt,,
coz ibu tercinta saya memberi nama yang begitu berarti ,,,,,
thank allah swt ,,

  KHANSA AZZAHRA wrote @

NAMAKU KHANSA JUGA TAPI KOK AKU MSH BANDEL YAAAAAAAAAAAA???

  hasnah wrote @

smg de Khansa bisa jadi sorang wanita sholehah

  Shafa wrote @

Umi…..salam kenal buat khansa yah…^o^

Anakq yg ke2 jg namax Khansa…lengkapx Khansa Naurah Azzahra….

Makasih byk atas infox….jd lebih bisa jelasin ke ortu arti nama Khansa…soalx ortu sempat ragu….

  Adheem wrote @

nama khansa itu bener atau tidak dibacanya kl sesuai dengan huruf arab “khonsa”..??

menggunakan huruf :kho (huruf ke 7 hijaiyah), atau khaf (hurup ke 21 hijaiyah)..?? maklum, beda penyebutan atau beda cara baca maka beda arti.

  Rahmat wrote @

Khansa” pake huruf hijaiyah ke 7 apa artinya? Dan klo pake huruf hijaiyah ke 21 apa? Sblmnya diucpkn trmksh.

  nina wrote @

ga tau knp saya lsg suka dg nama khansa,n nama itu tmasuk nominasi pilihan utk anak ptama kami yg insyaAllah akan lahir bln desember bsk..

  khansa wrote @

its my nama….
KHANSA IZZATUN NISSA

  khansa luvena wrote @

nama aku K H A N S A LOH

  canthy mamanya Khansa&Keanu wrote @

Nama yg sama…dgn anak prempuan sy KHANSA ATHAYA, lahir 10 Maret 2001, sekarang Khansa kls 4 SD di SDI Al-Azhar 17 Bintaro. Smoga semuaaaa… yg bernama Khansa, bs seperti dgn ‘arti’ nama Khansa

  mugi wrote @

Khansa Zhafira Amurin, Nama anak saya…

  adinda khansa octaviani wrote @

subhanallah umi..dinda sangat terharu,,,betapa besar arti sebuah nama khansa….
boleh donk umi kalo nty dinda punya anak…konsul namanya ma umi…heee…semoga nama khansa khaerunnisa benar2 menjadi do’a buat c’dede..amiin…

  Zhafira Al Khansa Nabila wrote @

hm… jadi nama al khansa itu intinya artinya apa ya kak?

  ROFIIH wrote @

anakku juga KHANSA tapi gak sama. emang banyak manfaat dari sebuah nama. anakku KHANSA’ NAILIL AMANI. mudahan selalu dirahmati-Nya. Amien………….

  El Fhivi wrote @

Anak ana yg kedua jg ana ksih nama El Khansa.. Nama yg indah… Smg anak ana mjdi anak yg shalihah..

  MARSYA wrote @

NAMA PUTRIKU
MARSYA SYAUQINA AL-KHANSA

  Kang Endy wrote @

Tidak salah sy memberikan nama untuk Putriku KHANSA DAFHINA SALSABILA, karna di balik Nama Khansa tersirat Tokoh wanita islam yang mulia…!!! semoga kelak putriku mentauladani sifat beliu…!! Al-Khansa

  Dhika arnanda wrote @

Semoga nama khansa akan semakin banyak yg menggunakannya, trim’s

  Khansha Khairunnisa Salim wrote @

Namaku Khansha Khairunnisa. Tapi seharusnya Khansa, ya? hehe

Papa aku yang ngasih nama Khansha

  Khansha Khairunnisa Salim wrote @

Waahhh, ketemu yang namanya Khansa, banyak banget! :D

  Khairunnisa wrote @

Nama saya Khairunnisa, adik saya Khansa -__- :D ahahahaha..

  khansa wrote @

khansa mardhiyah mustajabah komara


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: