mengenal gold dinar quadrant

Diambil dari situs geraidinar.com, insya Allah sangat bermanfaat untuk kita.

Selamat membaca….“Praktis sudah dua tahun sejak saya mulai terlibat dalam kajian Dinar dan kemudian memperkenalkannya ke masyarakat. Sejak saya mulai membelinya dua tahun lalu pada harga Rp 700 ribu-an; harga Dinar akhir pekan ini ditutup sedikit diatas Rp 1.4 juta-an atau dua kali lipat. 

Harga Dinar yang sekarang Rp 1.4 jutaan memang rekor baru untuk harga Dinar dalam Rupiah .  Penyebab utamanya ada dua; yang pertama adalah melemahnya Rupiah dan yang kedua dalam nilai US$ emas dunia memang mulai naik kembali.

Rupiah bahkan sempat melampaui harga Rp 13,000 pada perdagangan hari Jum’at sebelum akhirnya ditutup pada nilai Rp 12,600,-.  Dalam US$ harga emas internasional kembali ke angka US$ 800 – an/ oz setelah kurang lebih sebulan berada pada angka US$ 700 – an/oz.

 

ini quadrant nya

ini quadrant nya

 

Untuk membantu memahami pengaruh naik turunnya US$ dan Rupiah terhadap harga emas di pasaran lokal yang berarti juga harga Dinar yang kita jual; saya menggunakan alat sederhana yang saya sebut sebagai Gold Dinar Quadrant seperti pada illustrasi disamping.

Quadrant pertama akan terjadi apabila Rupiah dan US$ menguat secara bersama-sama; maka harga emas lokal dan Dinar akan turun. Quadrant pertama ini kecil kemungkinannya terjadi karena perilaku Rupiah selama ini cenderung melemah ketika US$ menguat.

Quadrant  kedua akan terjadi pada saat Rupiah menguat bersamaan dengan melemahnya US$; ini bisa terjadi pada saat kondisi ekonomi kita normal. Apabila ini terjadi emas dan Dinar berpeluang naik ataupun turun tergantung manayang lebih kuat dorongannya antara penurunan US$ atau kenaikan Rupiah. 

Quadrant ketiga terjadi ketika  Rupiah melemah dan pada waktu yang bersamaan US$ juga melemah, maka emas atau Dinar akan naik. Quadrant ketiga ini mungkin terjadi apabila krisis finansial global yang kita alami sekarang berlarut-larut. 

Quadrant keempat adalah yang kita alami hari-hari ini; Rupiah melemah ditengah –‘kuat’-nya US$. Emas dan Dinar bisa naik ataupun turun tergantung mana yang lebih besar penurunan Rupiah atau kenaikan US$-nya. “

 

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: